Franchise: Waralaba

Pengertian waralaba (franchise) adalah suatu bentuk pemberian ijin usaha oleh pemilik/pemberi waralaba [franchisorkepada penerima waralaba [franchisee] untuk menggunakan metode, system, tata cara, prosedur, metode penjualan dan pemasaran, maupun hal-hal yang telah ditentukan oleh pemberi waralaba secara eksklusif.

Kalau kita lihat wujud fisik bentuk usaha waralaba ini serba seragam/identik dengan usaha yang dijalankan pemilik asal waralaba franchisor] tersebut.

Mulai dari tata ruang outletnya, seragam karyawannya sampai logo tempat usahanya. Bahkan cita rasa masakannya pun sama [untuk jenis waralaba makanan]. Kita ambil contoh jenis waralaba makanan Ayam Goreng Kentucky [KFC], di mana saja wujud fisik sampai ke cita rasa ayam gorengnya ya sama, tapi pelaku usahanya [franchisee] berbeda.

Waralaba dapat dibagi menjadi dua, yaitu :
1. Waralaba luar negeri (asing), waralaba yang cenderung lebih disukai karena sistemnya yang jelas, merek sudah terkenal di berbagai negara dan lebih bergengsi, sehingga lebih mudah memasarkannya.
2. Waralaba dalam negeri (lokal), juga menjadi salah satu pilihan usaha untuk orang-orang yang ingin cepat menjadi pengusaha tetapi tidak memiliki cukup pengetahuan/pengalaman, sedangkan bahan dasar awal dan kelanjutan usaha ini disediakan oleh pemilik waralaba [franchisor].

Keuntungan dan kerugian usaha waralaba (franchise):

Keuntungan:
Modal [waktu, tenaga, keuangan dll] yang dibutuhkan lebih sedikit daripada jika usaha sejenis dibangun sendiri. Terkadang penerima waralaba [franchiseetidak harus mengetahui dan berpengalaman tentang jenis usahanya, karena pihak pemberi waralaba [franchisor] yang akan membimbing dan melatih pihak penerima waralaba .
Resiko bisnis pun lebih sedikit karena nama dan produk franchisor sudah terkenal. Hal ini dikarenakan adanya bantuan secara terus-menerus yang diberikan oleh pemberi waralaba  dalam menjalankan bisnis.

Kerugian:
Biasanya pihak pemberi waralaba [franchisor] akan mengontrol penerima waralaba [franchisee] dalam berbagai aspek bisnisnya, sehingga pihak penerima waralaba merasa begitu terikat oleh aturan main dari pihak pemberi waralaba. Bahkan untuk produk andalan
[blue-chip franchisepihak pemberi waralaba meminta royalty yang tinggi. Kemudian
keberhasilan dari setiap unit franchise individu tergantung pada dukungan dan maju tidaknya perusahaan induk [pemberi waralaba]. Bahkan jika merk franchise tersebut sudah tidak laku lagi dipasaran maka pihak penerima waralaba pun akan ikut bangkrut.

Peluang membuka usaha waralaba ini sangat tinggi, mengingat kemudahan dalam membangun usaha tersebut. Dengan kata lain, kalau punya modal dan tidak punya pengalaman bisnis maka usaha franchise bisa dijadikan pilihan.
Contoh usaha waralaba yang dapat dijadikan alternative usaha antara lain:

1. Waralaba  di bidang makanan.
Hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli/membuka usaha waralaba makanan adalah faktor lokasi yang harus strategis agar tidak mengalami kesulitan dalam hal promosi.
Di Indonesia contoh usaha waralaba yang berkembang sangat pesat adalah Sapo Oriental, Wong Solo, CFC, Hop Hop, Red Crispy, Papa Ron, Pizza Hut, KFC, Mc. Donald dll.
Contoh waralaba yang sangat menguntungkan yang sudah tidak perlu repot lagi untuk memasarkan produknya dan sudah mempunyai nama seperti Pizza Hut, Mc. Donald, KFC dll.

2. Waralaba  di bidang retail mini outlet.
Usaha ini sangat berkembang pesat di Indonesia. Kerap kali kita jumpai usaha jenis ini di setiap kota di pulau Jawa bahkan sudah masuk ke luar pulau Jawa seperti Bali dan Sumatra.
Contoh usaha yang mengadopsi jenis ini antara lain indomart, yomart, alfamart. Kalau di Batam contohnya Circle K dengan ciri khasnya buka 24 jam.

3. Waralaba  di bidang telematika dan informasi.
Contoh waralaba yang tiga tahun terakhir ini sangat diminati oleh masyarakat antara lain bisnis distribusi tinta printer refill/cartridge sperti Inke, X4 print, Veneta dll. Usaha warnet net café misalnya The Patch, Zoe dll.

4. Waralaba  di bidang pendidikan.
Contohnya Primagama, Tutor Net, Sciences Buddies, Sinotif, Super Kids, Fastractkids, Town for kids, EF (English First), ILP, Direct English dll.
...............................................................................................................................................................................................